Tentang Kayu Jati Untuk Mebel


Sejarah Kayu Jati Untuk Mebel / Furniture


sejarah kayu jati, mebel jepara, mebel furniture
Pohon Jati atau Tectona grandis, merupakan salah satu pohon kayu hutan tropis, termasuk dalam keluarga Verbenaceae. Pohon jati berasal dari perkebunan di Asia Tenggara, pohon yang menghasilkan kayu bermutu tinggi. Pohonnya besar, berbatang lurus, dapat tumbuh mencapai tinggi 30-40 m. Berdaun besar, daun pohon jati biasanya bergugur di musim kemarau. Jati dikenal dunia dengan nama teak (bahasa Inggris). Nama ini berasal dari kata thekku (തേക്ക്) dalam bahasa Malayalam, bahasa di negara bagian Kerala di India selatan. Umur pohon Jati hingga sampai usia 100 tahun. Pohon jati terkenal karena kemampuannya dapat tahan terhadap perubahan cuaca dan musim, pohon jati juga mampu menekuk tetapi tidak mudah pecah saat diterpa angin kencang.

Pohon Jati biasanya memiliki lapisan minyak pada galih kayunya (Cambium / heartwood) yang tahan air. Ini dapat melindungi Jati dari pembusukan, serangan serangga, dan bakteri. Pada saat yang sama, kelebihan pohon jati mempunyai serat tebal membuatnya lebih mudah untuk dipotong dan kemudian memahatnya dalam bentuk apapun lebih mudah. Karena karakteristik khusus, tidak ditemukan di pohon-pohon lain. Kayu jati selalu menjadi pilihan yang digunakan untuk berbagai jenis mebel / furniture. Pohon-pohon jati yang ditemukan di hutan asia tenggara dapat mencapai ketinggian hingga 150 meter, memiliki ciri hijau kemerahan, daunnya kasar, dan kayu tengahnya (galih) berwarna cokelat ke emas-an. Produsen utama kayu jati berasal dari Indonesia, India, Myanmar, Filipina, dan Malaysia. Kayu jati dari Indonesia adalah kualitas jati terbaik di dunia.

sejarah kayu jati, mebel jepara, mebel furniture
Budidaya dan konservasi pohon jati di Indonesia dikelola oleh pemerintah Indonesia yaitu Perum Perhutani (badan usaha milik negara). Produsen jati terbesar di Indonesia adalah di pulau Jawa. Geografi dan cuacanya sangat cocok untuk perkebunan pohon Jati, Pulau Jawa juga merupakan pusat manufaktur di mana pekerja furniture banyak menggunakan kayu jati untuk diolah menjadi furniture yang unik dan indah. Untuk mendapatkan kayu jati dengan kualitas terbaik ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam proses pengambilannya. Pohon-pohon jati tua, hingga  umur 40 tahun adalah jati yang terbaik untuk siap ditebang. Bahkan, semakin tua pohon jati, semakin baik kualitas kayunya. Sebelum memotong pohon Jati, kadar air harus dikeringkan dari pohon dengan membuat potongan pada sisi bawah nya. Proses pengeringan membutuhkan waktu, 1 sampai 2 tahun untuk mendapatkan pohon jati kering yang untuk dipotong menjadi kayu jati, sehingga siap untuk digunakan sebagai bahan mebel / furniture dan produk lainnya.

Di India, kayu jati dimanfaatkan karena daya tahannya, selain dimanfaatkan dalam mebel / furniture dan produk lainnya kayu jati digunakan untuk membuat pintu dan bingkai jendela. Negara Denmark mencatat diseluruh dunia kayu jati diproduksi karena kepraktisan dan keunikannya dalam membuat mebel / furniture, kayu jati menjadi bahan utama karena meningkatnya permintaan dan berkurangnya pasokan, sehingga harga produk mebel / furniture sangat tinggi. Sementara di Indonesia, kayu jati diekspor ke luar negeri dan juga digunakan sebagai bahan utama untuk mebel / furniture.

Karakteristik & Estetika Jati

Karakteristik yang paling menonjol dari Jati yaitu kekuatannya terhadap segala macam cuaca. Karena jati juga tahan terhadap pembusukan dan mampu mengusir serangga. Ini adalah salah satu alasan bahwa, tidak seperti kayu hutan lainnya, banyak digunakan sebagai bahan utama untuk mebel, baik indoor dan outdoor. Kayu jati bisa tahan selama bertahun-tahun, bahkan jika dibiarkan di luar sekalipun, dan karena keawetannya sering digunakan untuk bahan pembuatan kapal dengan bentuk khusus seperti kapal pesiar. Karakteristik lain dari jati yaitu elastisitas dan banyak serat, mudah dalam produksi pengerjaannya dan pengrajin dapat menciptakan produk dengan baik, seperti dapat kita lihat  di mebeljati.info, produk kayu jati yang indah dan tahan lama.

sejarah kayu jati, mebel jepara, mebel furniture
Alasan lain untuk keindahan produk kayu jati adalah kandungan minyak khusus dalam galih kayunya, yang membuat kayu ini selalu terlihat bersinar, dapat tahan terhadap sinar matahari bahkan jika dibiarkan begitu saja di luar ruangan dalam jangka waktu yang lama. Selain itu, kayu jati memiliki karakteristik anti bakteri yang tidak membuat kayu rapuh. Oleh karena itu pemilik mebel / furniture dari kayu jati bahkan tidak perlu untuk menambahkan pengawet kayu agar tetap terlihat seperti baru. Meskipun demikian kayu jati kadang-kadang perlu perawatan atau di poles pada beberapa bagian, atau pernis tertentu, untuk meningkatkan keindahan alami dari jati itu sendiri.

Pandangan Dunia Terhadap Kayu Jati

Dari Catatan sejarah pada berbagai jenis kayu, kayu jati-lah yang diakui dan dapat diandalkan kekuatannya. Kayu ini sangat diminati oleh pecinta dan kolektor mebel / furniture di seluruh dunia. Karena langka dan terbatasnya pasokan kayu jati di dunia, jati semakin banyak dicari dan harganya semakin meningkat. Reputasi Jati di seluruh dunia dalam produksi mebel / furniture dengan kualitas terbaik, bagaimanapun, tidak akan pernah surut.

Indonesia, sebagai pemasok jati terbesar di dunia, sangat berkomitmen untuk melestarikan pohon Jati melalui program pemerintah baik praktis dan visioner. Hanya melalui Perum Perhutani (badan usaha milik negara) bahwa Indonesia dapat menyediakan kayu jati untuk di ekspor. Tidak hanya itu, tetapi karena keterampilan para pekerja atau pengrajin kayu jatinya, Indonesia memproduksi beberapa produk mebel / furniture yang paling unik dan menarik yang dapat ditemukan di mana saja di dunia.

Pemburu, kolektor mebel / furniture di seluruh dunia dapat mengenali karakteristik kayu jati, dan selalu tertuju untuk melihat produk jati Indonesia, yang mencerminkan sejarah dan budaya. Permintaan untuk kayu jati yang meningkat sehingga pemerintah Indonesia dipaksa untuk melaksanakan program perkebunan yang melibatkan budidaya, penggunaan, dan perlindungan dari pohon Jati itu sendiri.

sejarah kayu jati, mebel jepara, mebel furniture
Hal ini karena pohon jati adalah tanaman tahunan, dan sangat penting bagi perekonomian Indonesia. Bahan mentah untuk mebel / furniture yang berasal dari kayu jati Indonesia masing-masing memiliki pasar sendiri, serta peningkatan nilai. Umumnya, pohon jati yang dipanen hanya setelah berumur mencapai sepuluh tahun, meskipun teknologi baru telah menghasilkan jenis jati tertentu yang disebut 'Jati Genjah' (Cepat Tumbuh) yang juga kualitasnya baik akan membantu Indonesia untuk terus menjadi pemasok unggul jati di dunia.

Kekuatan dan keindahan serat adalah alasan utama bahwa kayu jati akan terus bertahan menjadi pilihan utama untuk bahan mebel / furniture. Permintaan untuk produk Jati begitu meningkat di dunia, tetapi pasokan begitu terbatas karena siklus pertumbuhan pohon Jati ditanam secara konvensional. Bahkan pengurangan permintaan pasokan untuk produk Jati yang telah diproduksi, sering dijadikan sebagai koleksi, dan produk-produk Jati yang masih diproduksi, seperti pada workshop kami di mebeljati.info yang terus berkembang.
Share this article :

3 komentar:

  1. Assalamu'alaikum Wr.Wb

    Saya punya pohon jati sebanyak 946 pohon berumur 40 tahun mau di jual semua dan bibit jati dari Perhutani, ada ijin tebangnya. Sekiranya berminat bisa contact saya di 087721494077 dan 085283528606 jati berasal di daerah Purwakarta kalau tertarik kami siap di survey kapanpun.

    Assalamu'alaikum Wr.Wb
    Heru W

    BalasHapus
  2. Makasih mas infonya...sangat bermanfaat

    BalasHapus
  3. terimakasih banyak atas artikelnya, kayu jati memang jenis pohon yang luar biasa, selain kuat, kokoh, tahan lama, dan juga tahan api, cocok sekali untuk furniture, mebel, dan rumah. namun kayu jati sangatlah mahal karena pertumbuhannya yang lamban, butuh waktu untuk mendapatkan pohon jati yang berkualitas bagus...terimakasih

    BalasHapus



 
Support : Template Maskolis | RESERVED | RESERVED
Copyright © 2013. Furniture Mebel Jati Khas Jepara - All Rights Reserved
Template Modified by mebeljati.info Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger